Selasa, 21 Juni 2016

Ini Lho Perkiraan Berdirinya Candi Sambisari

Wisata Jogja - Ada suatu Candi Sambisari belum akan dijamin ketika pembangunannya. Pasalnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan ahli arkeologi, ahli peristiwa, ataupun tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DI Yogyakarta, ga ada kepastian tercatat kapan bangunan ini didirikan.


Dapat namun, berdasarkan data dari catatan candi-candi di BPCB, ada sekian banyak perkiraan buat tentukan diwaktu pendiriannya. Mula-mula, berdasarkan pengamatan sisi arsitektur bangunan. Arkeolog R Soekmono menggolongkan Candi Sambisari ke dalam bangunan yang didirikan terhadap abad 8 masehi. Ke-2, berdasarkan komponen batu bangunannya. Ahli peristiwa Soediman menyebut bahwa Candi Sambisari diperkirakan dibangun kepada abad 9 masehi atau sezaman kepada Candi Prambanan.

dan ke-3, ada pun pengamatan lempengan emas yang ditemukan di area wisata di yogyakarta ini komplek candi tersebut. Perkiraan ini memanfaatkan tafsiran paleografis yang dilakukan oleh Boechari. Diperkirakan, bangunan candi berdiri terhadap abad 9 masehi. Di dalam lempengan tersebut terdapat tulisan "Om Siwa Sthana", yang artinya "Hormat, pelaksanaan hunian bagi dewa siwa."

Referensi : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar