Senin, 25 April 2016

Enaknya Sego Tumpang, Nasi Khas dari Boyolali

Makanan Khas Jawa Timur - Pasti saja tidak cuma populer bakal budayanya yang beraneka, Indonesia pun dikenal bakal kulinernya yang unik. Tiap-tiap daerah di Indonesia mempunyai makanan khas masing-masing. Misalnya saja Boyolali. Kota di jateng ini ternama dapat budidaya perairannya juga makanan olahan susu. Tetapi, dengan cara apa dengan Sego Tumpang? Pernahkah Kamu mendengarnya? Sego tumpang atau nasi tumpang yaitu nasi yang dibuat dari olahan tumpang atau tempe busuk. Janganlah kaget dahulu mendengar bahan baku utamanya, rasanya tak semengerikan kedengarannya.


untuk makanan ini dibuat secara menumbuk tempe busuk, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kencur, dan cabai. Seterusnya direbus dan dikasih bumbu-bumbu bersama santan sampai matang. Tempe busuk ini sengaja dibusukkan dikarenakan dapat memberikan rasa khas terhadap masakan tersebut. Kebanyakan makanan ini disajikan bersama gudangan atau sayur-sayuran juga sebagai pelengkapnya.

Sego tumpang yang benar-benar telah ternama yang merupakan salah satu masakan jawa timur ternama di daerah Boyolali yaitu Sego Tumpang Suprih yang terletak di Jalan Tentara Pelajar, Boyolali. Nyaris tiap-tiap pag,i warung yang terletak dipinggir jalan ini tak sempat sepi konsumen. Pembelinya serta berasal dari bermacam macam macam kalangan, sejak mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Source : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar