Kamis, 07 April 2016

Mantap, Lodeh Jendil Warung Mak Ti

Kuliner Blitar - Menu Ikan jendil atau ”Clupisoma sinensis” adalah jenis ikan air tawar. Si jendil diolah menjadi lodeh lezat oleh Mak Ti, pemilik warung di Desa Jatinom, Blitar, Jawa Timur.

Tempat wisata kuliner blitar paling enak Warung Mak Ti, milik Nyonya Supiati (50), berjarak sekitar 15 kilometer ke arah selatan dari kota Blitar. Pengunjung bisa mengambil rute lewat depan Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 511. Lokasi warung memang berada di ”pedalaman”. Namun, jangan khawatir tersesat sebab sudah ada penunjuk arah. Kalaupun masih ragu, bertanyalah kepada penduduk sekitar. Mereka hafal lokasi Warung Mak Ti karena memang sudah kesohor kelezatan lodeh jendilnya.


Dan Warung Mak Ti sebenarnya menyajikan beragam menu berbasis ikan. Namun, khusus ikan jendil, Mak Ti menyajikannya dengan bumbu lodeh kuah santan kental. Mak Ti meraciknya sendiri dengan bahan rempah seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Ditambahkan pula laos serta tempe busuk yang diulek hingga halus sebagai penyedap rasa.

”Kunci kelezatan masakannya di laos dan tempe bosok (busuk) itu. Saya tidak pakai bahan-bahan kimia ataupun penyedap rasa. Semuanya alami,” ujar ibu tiga anak tersebut.

Referensi : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar