Rabu, 06 April 2016

Wow, Bubur Pedas: Kuliner Lezat dan Murah Khas Pontianak

Kuliner Pontianak - Tampilan bubur di atas tampak kurang meyakinkan. Apalagi melihat warna kuahnya yang kecoklatan dan warna hijau yang bercampur bersama kuah itu. Namun, ingat kan dengan pepatah jangan menilai buku dari sampul luarnya saja? Bayangan kejijikan itu akan hilang ketika rasa gurih dan hangat berpadu menjadi satu dan menghangatkan perutmu.


Tempat wisata kuliner pontianak paling enak Makanan Bubur Pedas merupakan masakan khas suku Melayu Sambas, salah satu kabupaten di Kalimantan Barat. Makanan ini biasa juga disebut dengan Bubbor Paddas. Saat mendengar kata "pedas" pasti kita akan mengira bahwa bubur ini memiliki rasa pedas, tapi ternyata tidak.

Tentu Kata "pedas" merupakan perumpamaan suku Melayu Sambas yang berarti beragam sayuran dan rempah dalam bubur tersebut. Bagaimana tidak dalam bubur ini dimasukkan berbagai macam sayur seperti kangkung, daun pakis, jagung yang dipipil, kentang, daun kunyit dan daun kesum (daun ini hanya ada di Kalimantan Barat dan digunakan untuk menambah aroma dalam bubur).

Pertama beras ditumbuk halus kemudian baru dioseng. Untuk bumbunya, bawang merah, bawang putih, lada hitam, serta daun salam juga ditumbuk halus. Tambahkan garam, gula, serai, tulang dan tetelan sapi yang kemudian dimasak dalam kaldu sapi sampai matang.

Referensi : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar